Senin, 13 Februari 2012

Dusun Siyono Kidul Kedatangan KKN UAD 2012

Siyono Kidul (7/2), resmi menerima 9 orang Kuliah Kerja Nyata Universitas Ahmad Dahlan (KKN UAD) periode XXXVIII tahun 2011/2012. Kesembilan orang ini resmi diserahkan oleh dosen pembimbing lapangan (DPL) Bapak Fiftin Noviyanto, S.T., M.Cs. kepada dukuh Siyono Kidul Bapak Suparno di kediaman Bapak dukuh. Sebelumnya diadakan upacara pelepasan KKN UAD pada Selasa pagi pukul 10.00 di Aula Kantor Kecamatan Playen. KKN UAD secara resmi diserahkan oleh ketua LPM UAD Bapak Jabrohim dengan khidmat. 

KKN periode ini mengangkat tema "Pemberdayaan Masyarakat dengan Optimalisasi Olahan dengan Bahan Baku Lokal". Pemerintah dan LPM UAD berharap agar mahasiswa KKN dapat meningkatkan keterampilan dan kesejahteraan masyarakat dengan membekali mereka ilmu di bidang pengolahan bahan baku lokal. Bahan baku lokal yang ditekankan di sini adalah produk olahan singkong yang banyak dijumpai di kota Gaplek Gunungkidul. Namun tidak menutup kemungkinan pengolahan bahan baku dari potensi lokal dapat berupa kedelai, jagung, pisang, palawija, dan lain sebagainya sesuai dengan temuan mahasiswa di lapangan.

Peserta KKN UAD di Siyono Kidul ini terdiri dari berbagai program studi seperti pendidikan bahasa Inggris, pendidikan matematika, bimbingan dan konseling (BK), teknik informatika, akuntansi, psikologi dan farmasi. Masing-masing individu telah menyusun program kerja yang terdiri dari 4 bidang yakni bidang keilmuan, bidang keagamaan, bidang seni dan olahraga, dan bidang pendukung yang merupakan realisasi dari tema yang telah ditentukan. Adapun program kerja yang akan dilaksanakan seperti bimbingan belajar kepada anak-anak usia sekolah, pelatihan komputer dan kerajinan tangan, penyuluhan dan konsultasi kesehatan, olahraga, dan masih banyak lagi.

Pihak UAD dan masyarakat Siyono Kidul berharap mahasiswa KKN dan masyarakat dapat berkolaborasi guna menyukseskan program-program kerja yang telah disusun dan diharapkan program kerja tersebut mampu menggali potensi lokal guna meningkatkan kesejahteraan. (NFR)

0 komentar:

Posting Komentar